Tuesday, 30 August 2016

EVENT REPORT #9 - Build Up Your Entrepreneur Newbie Skills


Kemarin aku berkesempatan ikut ke Mini Talk Show Muslimpreneur Community di Jakarta. 
Dari dulu aku suka banget datang ke acara seminar ataupun mini talk show tentang 'Kewirausahaan', karena pasti ada aja ilmu yang bisa aku dapet dari narasumber. 

Kali ini Narasumber Muslimpreneur Community adalah Budi Santosa selaku Owner Moschaist Hijab Store dan Mantan aktor Indonesia Alfie Alfandy yang sekarang sudah hijrah menjadi pendakwah sekaligus owner dari @Hijrahstore
Acara ini dimulai pukul 10.00 pagi sampai 12.30 siang, cukup banyak ilmu-ilmu wirausaha yang saya dapat. 
ohnya, acara ini berlokasi di Moshaict - Moslem Fashion Distric Bapak Budi Santosa selaku owner dan istrinya Ibu Shinta selaku founder

Menjadi wirausaha itu, tergantung dari tekad. 
Kalo kamu niat dan berani memulai dari sekarang, semuanya akan berjalan seiring waktu. Namun gaya hidup lifestyle itu sering bikin terlena loh, karena kemampuan finansial yang bertambah malah membuat sebagian orang merasa  "bahwa uang akan datang kembali ".
Tapi di postingan blog aku kali ini, aku akan share poin-poin dari dua narasumber ini tentang wirausaha bagi pemula. 
Semoga bisa membulatkan dan menyemangati kita semua yang akan memulai, proses memulai dan sudah memulai. happy reading !
  • Di era teknologi seperti sekarang memulai Bisnis mudah sekali ! dan mudah sekali pula hilangnya. Kenapa ? karena dengan adanya fasilitas media sosial kita mampu mempromosikan suatu usaha ke seluruh kalangan dengan mudah, dan memunculkan usaha yang sejenis / ditiru.
  • Butuh Modal kecil atau besar, itu semua tergantung dari kondisi keuangan anda. Cek kondisi keuangan kalo masih belum berani mengeluarkan bugdet besar, ada baiknya kita bekerjasama dengan orang lain bisa keluarga terdekat, pasangan hingga relasi. 
  • Perbanyak referensi pengalaman usaha orang lain, termasuk yang sudah sukses. Karena mampu memotivasi diri sendiri sekaligus kiat sukses membaca situasi 'trend pasar' dan strateginya. 
  • Re-branding, agar usaha yang di jalankan tetap Fresh dan nge- brainwash ke orang-orang. usaha yang kita jalankan harus ada UpGrade ya. seperti bikin tagline yang earcathing , promo-promo menarik, tampilan foto usaha dan sistem penjualan. 
  • Siapkan mental PASANG SURUT. seorang pengusaha di tahun ketiga atau di tahun dimana ia harus balik modal ini adalah tahun nasib usahanya. apakah keuntungan yang sudah dikumpulkan mampu membayar tagihan seperti, uang sewa tempat, gaji karyawan atau uang untuk memproduksi kembali. maka harus disadari bahwa keuntungan penjualan di awal-awal itu adalah kesempatan untuk wirausaha menabung seluruh keuntungan untuk ongkos produksi. 
  • Jangan FANATIK dengan BRAND. melihat trend pasar saat ini boleh-boleh saja namun, pikirkan kembali apakah produk / jasa yang akan di jual mempunyai nilai lebih atau apakah dapat menarik antusiasme konsumen untuk membeli ? melihat situasi 2 brand Smartphone 2 tahun yang lalu seperti Nokia dan Blackberry bisa di jadikan sebagai pembelajaran.  
  • Endorse gratis ? Promote Paid ? Endorse Fee ?. Instagram sebagai media sosial sekaligus media pasar gratis saat ini. memunculkan banyak selebgram yang menerima Endorse fee ataupun yang Endorse gratisan.  "menurut saya pribadi, karena saya masih menjalani usaha kecil-kecilan modalpun tak besar, aku memilih Endorse Gratis ".  namun tetap harus cermat, jumlah followers, mayoritas pria / wanita ini penting buat sasaran konsumen kamu, kualitas foto / kreatifitas mix & match, jumlah likes. dari itu semua dapat kita ketahui seberapa banyak orang-orang yang 'kepo' sama akun instagram orang tersebut / selebgram, semakin banyak yang 'Kepo' semakin luas juga kesempatan usaha kita di lirik konsumen. 


tips sukses ala alfie afandy di usia muda saat ini
Alfie Alfandy : "Kalo saya bikin usaha modal kecil tapi untung besar, tapi kalo gagal produksi ya sebagai pembelajaran saja ". 




muslim marketpreneur community jakarta
Budi Santosa : "Yang penting Bisnis jangan fanatik sama Brand  ! "


    muslimarket muslim market entrepreneur community


    Semoga poin-poin yang aku ceritain, bisa memberikan kalian semangat untuk berwirausaha ya. atau sekedar memunculkan ide-ide inovatif untuk usaha kalian di masa mendatang. 
    jangan lupa koment atau saran  ke blog aku, silahkan share to share yuk sama aku :) 

    Share:

    8 comments:

    1. Kayaknya udh banyak bnget saran" bagi org yg pgen mulai entrepreneur... Tapi blom sempet nyoba, smoga suatu saat bisa nyoba lah ya, amin.

      Mbaknya udh mulai nih?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Hai,

        alhamdulillah saya sudah, saya slipkan cerita sedikit usaha kecil saya di blog ini juga. bagian tentang endorse

        thank you

        Delete
    2. Jadi terpikir di kampus2 harus sering2 ada acara seperti ini. Saat kuliah dulu mata kuliah kebanyakan fokus pada teori. Padahal jurusan sy (pengolahan hasil pertanian) punya potensi untuk memacu mahasiswa2 berkreasi & berbisnis.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Hai Heni,

        iya kadang di kampus atau sekolah lbh fokus untuk teori, namun praktik ya harus jalan sendiri. hiks... makanya aku seneng bgt bisa ikut event seminar atau lebih seru ya lagi workshop. lumyan bisa nambah ilmu ttg entrepreneurship :)

        thank you :)

        Delete
    3. thanks sharingnya mbak
      saya juga lagi belajar untuk menjalankan usaha
      memang nggak mudah, harus punya mental baja agar bertahan
      btw. salam kenal ya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Hai Mba Ria,

        Setuju ! tdak mudah ya mba. kadang tekad udah ada tp modal blm atau kesempatannya belom ada. tp gak ada salah ya coba dr yg kecil :)

        sekses yaaa untuk usaha ya :)


        thank you

        Delete
    4. Lama banget ga kontakkan sama Fandy lalu liat posting ini.
      Hahaha Alhamdulilah udah ga bar-bar dia. But he is really a nice guy.

      Balik ke tema tulisan, bikin usaha itu emang ga mudah, tapi lebih susah lagi untuk mempertahankannya. Mesti terus belajar banyak hal. Jadi sebelum nyari modal buat usaha, mending siapin mental dulu

      ReplyDelete
      Replies
      1. Hai Mba Novy,

        menyiapkan mental untuk usaha memang gak boleh patah ya, biar usahanya bisa berkembang :)

        Delete